Hut Republik Indonesia Ke- 71 Tahun 2016, Pemkot Gelar Lomba Mengafani Mayat

Di buat oleh fahmi Pada Kamis, 11 Agustus 2016 22:15:47 Kategori News


BENGKULUKOTA,- Pemerintah Kota Bengkulu kembali berinovasi, dengan menggelar lomba mengafani mayat. Ide baru ini,  dilakukan pemerintah Kota Bengkulu dalam rangka menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia Ke- 71 Tahun 2016. 

“Mulai tahun ini kita mengadakan lomba mengafani mayat, baik jenazah laki-laki maupun perempuan,” kata Kepala Bagian Kesra Setda kota, A Majid Ali, tadi pagi Kamis (11/08/2016) di halaman Kantor Walikota Bengkulu

Lebih lanjut dijelaskannya, ide lomba mengafani mayat tersebut berasal dari Walikota Bengkulu H Helmi Hasan, SE yang, berkaitan dengan Program 8 Tekad Bengkuluku yaitu Religius.

Hal ini didasari dengan pelaksanaan lomba yang selama ini terlalu monoton seperti tarik tambang, balap kelereng, lomba makan kerupuk dan sebagainya. Diharapkan ide baru tersebut ,dapat memberi nilai edukasi (pengetahuan) bagi masyarakat, terkhusus bagi umat muslim dan ASN Muslim yang belum mengetahui tata cara mengafani mayat yang baik dan benar. 

“ Dari sekian banyak yang menjadi peserta lomba ini, kita lihat masih ada yang belum mengerti tata cara mengafani mayat,” jelasnya. 

Adapun mayat yang digunakan tersebut berupa patung orang yang biasanya digunakan sebagai alat peraga busana. Yang diletakkan diatas meja dan dilengkapi dengan kain kafan, kain batik, gunting dan kapas untuk kemudian dibungkus selayaknya jenazah sesuai dengan jenis kelamin melalui tata cara yang benar seperti yang dilakukan rubiah.

“ Para peserta tinggal melakukan tugasnya dalam mengkafani mayat dengan baik, sementara perlengkapannya sudah kita siapkan, dan harus diselesaikan dalam waktu 15 menit. Baru nanti dinilai oleh juri kelompok mana yang hasilnya benar dan rapi,” ungkapnya. 

Majid mengatakan, mengingat perlombaan ini baru pertama kali dilaksanakan, maka hanya dilakukan diruang lingkup sekretariat daerah saja, dengan mengikutsertakan perwakilan 5 orang disetiap bagian-bagian pemerintahan sekretariat kota.

“ Tahap awal ini cukup di sekretariat dulu. Ke depan direncanakan akan juga digelar ditingkat kelurahan dan kecamatan," ujarnya. 


Berita Terkait :


Bagikan :
share fb share g+ share twitterTv Online Streaming