Pramuka Kota Bengkulu ke Jamnas X Tahun 2016

Di buat oleh fahmi Pada Selasa, 09 Agustus 2016 13:40:53 Kategori News


BengkuluKota,-  Gerakan Pramuka  0407 kota Bengkulu mengirimkan 40 orang anggota Pramuka Penggalang mengikuti Jambore Nasional (Jamnas) X di Cibubur, Jakarta Timur. Kontingen pramuka Bengkulu dilepas melalui upacara resmi di Halaman Kantor Walikota Bengkulu oleh Ketua Harian Majelis Pembimbing Cabang Kota Bengkulu Ir. Mulyani Selasa (09/08) pagi. Pelepasan kontingen ini dihadiri langsung oleh sejumlah pejabat di lingkup kota Bengkulu dan Kapolres Bengkulu.  


Jamnas ini dilaksanakan setiap 5 tahun sekali. Merupakan agenda rutin dari Kwartir Nasional. Ditahun 2016 ini terdata sebanyak 25 ribu orang peserta yang merupakan pramuka tingkat penggalang se Indonesia berkumpul. “Pertemuan ini dalam bentuk perkemahan besar selama kurang lebih 8 hari,” katanya. 


Sebelumnya telah dilakukan penyeleksian kepada 40 orang yang menjadi utusan kota Bengkulu untuk mengikuti Jamnas. Dimulai dari tahap seleksi peserta tingkat gugus depan. Minimal telah menempuh kecakapan umum minimal 10 Kecakapan serta pemusatan latihan bagi peserta terpilih. 


Jamnas ini akan menghadirkan banyak kegiatan festival bukan perlombaan. Hal ini untuk mempererat persatuan Pramuka se Indonesia. Setidaknya para peserta akan berkenalan dan berkomunikasi dengan 1000 orang pramuka dari daerah lainnya. Kegiata ini adalah salah satu upaya untuk membentuk setiap anggota pramuka menjadi warga negara serta menjadi masyarakat yang baik dan berguna. Membangun diri secara mandiri dan turut aktif bertanggung jawab dalam pembangunan bangsa dan negara. “Kita ingin setiap anggota pramuka mempunyai jiwa patriotik, berkecakapan hidup, sehat jasmani dan rohani dan menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa,” demikiannya.


Ketua Harian Mabimcab Kota Bengkulu Mulyani juga menyematkan tanda peserta dan bendera kontingen secara simbolis kepada peserta jamnas.Jamnas ini dimulai dari tangal 14 Agustus 2016 hingga 21 Agustus 2016 mendatang. 


Berita Terkait :


Bagikan :
share fb share g+ share twitterTv Online Streaming