Tingkatkan Kualitas Perempuan, Pemkot Gelar Sarasehan GP3M

Di buat oleh fahmi Pada Sabtu, 30 Juli 2016 13:26:58 Kategori News


KotaBengkulu,- Gerakan Pendidikan Pemberdayaan Perempuan Marjinal (GP3M) merupakan salah satu program yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas kaum perempuan dari segi pendidikan. “Perempuan adalah pembentuk awal karakter seorang manusia”, ujar Sekretaris Daerah Kota Bengkulu Marjon saat membuka sarasehan GP3M.  


Kegiatan sehari ini dilaksanakan di halaman Mess Pemda Provinsi Bengkulu di kawasan Pantai Panjang pada Kamis (28/7) pagi. Sebagi bertindak sebagai narasumber pada kegiatan tersebut Kasi Pendidikan Berkelanjutan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Subi Sudarto dan fungsional Umum Suryono dari dinas Pendidikan dan Kebudayaan kota Bengkulu. 

Ditambahkan Marjon, Perempuan mempunyai baragam fungsi dewasa ini. Bahkan sudah menunjukan prestasi didunia yang didominasi kaum adam. “Perempuan lebih tajam menganalisa dan lebih peka dalam pekerjaan dan pengaplikasiannya,” ujarnya. Perempuan sebagai ibu rumah tangga selama ini banyak haknya dikebiri. Tetapi melalui GP3M kaum perempuan terutama ibu rumah tangga akan didorong sebagai pendidik pertama dan utama dalam lingkup keluarga. Sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup keluarga yang berimbas pada kualitas hidup generasi selanjutnya.


GP3M ini diharapkan dapat memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan khususnya perempuan marjinal. Program yang disasarkan pada kaum ibu rumah tangga berusia 15 – 45 tahun yang termarjinalkan, miskin dan berpendidikan rendah merupakan program andalan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mendukung kecakapan hidup perempuan, pembinaan untuk daerah yang angka putus sekolahnya tinggi, daerah rawan trafficking dan memberikan program pendidikan keaksaraan dan kesetaraan.

Sesda kota Bengkulu juga menyerahkan bantuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI kepada PKBM yang bergerak dalam pemberdayaan perempuan marjinal dan pendidikan kecakapan hidup perempuan dan keterampilan yakni Cahaya Ratu Samban, Tabah, dan Cenela. Masing-masing PKBM menerima bantuan sebesar Rp. 25 juta. 


Berita Terkait :


Bagikan :
share fb share g+ share twitterTv Online Streaming