Walikota Peduli Sampah, Operasi bersih-bersih terjun Sungai

Di buat oleh fahmi Pada Minggu, 24 Juli 2016 18:58:48 Kategori News


KotaBengkulu,- Bertumpuknya sampah disejumlah titik di Kota Bengkulu, disikapi langsung oleh Pemerintah Kota Bengkulu agar tidak terjadi persoalan dilain hari.

Walikota Bengkulu H. Helmi Hasan melakukan aksi turun ke sungai bersama jajaran Pemkot Bengkulu bersama TNI, Pelajar dan Masyarakat Umum. Operasi bersih-bersih tersebut dipusatkan dikawasan Pantai Panjang, Tepatnya belakang Hotel Bougenvile.


Selain itu juga diturunkan 3 unit dumptruk dan 1 unit ekscavator untuk membantu mengeluarkan sampah dari sungai dan membuangnya, Jum’at (22/07) pagi. 


Dari pantauan Walikota dilokasi sampah tersebut. Selain persoalan sampah yang menumpuk, adanya aroma kurang sedap pun muncul menusuk hidung. Akibat sampah yang menumpuk aliran sungai menjadi mampet bahkan banyak sampah yang “nyangkut’’ dibawah jembatan.  Dengan kondisi tersebut, Walikota pun tanpa ragu turun langsung ke sungai untuk membersihkan sampah. 


Ada beberapa hal yang menjadi latar belakang operasi bersih-bersih ini dilakukan. Salah satunya adalah mencuatnya berita penumpukan sampah tersebut di media sosial. “Saya terima kiriman foto di media sosial mengenai penumpukan sampah,” geramnya. Walikota berasumsi bahwa telah terjadi “miss” antara pemerintah terkecil dengan masyarakat mengenai hal tersebut. Ada struktur-struktur pemerintahan yang kurang peka dan tidak merespon keluhan masyarakat.  

Meminimalisir sampah merupakan salah satu dari program 8 tekad Bengkuluku yakni Bengkulu Bersih. Komitmen bersama menjaga kebersihan belum menyentuh kesadaran aparatur dan masyarakat secara keseluruhan. Sehingga masih ditemukan sampah-sampah yang menggunung disejumlah titik di kota Bengkulu. “Bengkuluku Bersih ini adalah komitmen bersama, ada Pemerintah, TNI, Polri, Pelajar dan masyarkat yang terlibat didalamnya,” katanya. 


Kuantitas sampah yang dibuang tidak pada tempatnya menjadi tolak ukur baik atau tidaknya tingkat keimanan secara individu maupun kelompok. Cinta atau tidak  masyarakat terhadap kota Bengkulu. Kebersihan kota Bengkulu tidak bisa dibebankan kepada Pemrintah kota Bengkulu saja. Tapi menjadi tanggung bersama setiap pribadi yang merasa memiliki kota Bengkulu. 



Berita Terkait :


Bagikan :
share fb share g+ share twitterTv Online Streaming