Welcome Dinner dan Pembukaan Rakor APEKSI Komwil II Sumbagsel Catur Wulan I.

Di buat oleh fahmi Pada Jum'at, 27 Mei 2016 12:49:39 Kategori News


PemkotBengkulu,- Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Wilayah II Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel), menggelar rapat koordinasi di Kota Metro, mulai 24-25 Mei 2016.


Hadir Wali Kota Bandar Lampung Herman HN, Wali Kota Metro Ahmad Pairin, Wali Kota Bengkulu H. Helmi Hasan, dan wali kota lainnya di daerah Sumbagsel.


Gubernur Lampung M Ridho Ficardo dalam sambutannya, Selasa (24/5) malam, berharap pemerintah daerah, terutama di Sumbagsel bisa menangkap peluang-peluang pembangunan dari pemerintah pusat dan mempersiapkan Sumatera sebagai pemegang estafet pembangunan nasional selanjutnya.


"Kecepatan pertumbuhan sumbagsel akan sangat cepat, terlebih pembangunan pemerintah pusat akan banyak digulirkan di Sumatera. Maka pemerintah kabupaten dan kota harus bisa memaksimalkan peluang dan mengantisipasi dampak-dampak negatif," kata Ridho.


Dijelaskannya, kota diuntungkan karena pusat jasa berada di kota sebagai tempat transaksi masyarakat. Sehingga pemerintah kota harus merangkul pemerintah kabupaten dalam geliat pembangunan, agar terarah dan terintegrasi.


Kota tidak bisa berdiri sendiri, tanpa bantuan dan sinergitas dengan kabupaten sekitarnya. Karena kota sebagai pusat ekonomi dan pembangunan, akan menjadi titik transaksi ekonomi dari kabupaten sekitar.


Namun, kota juga memiliki tantangan tersendiri yang harus diantisipasi. Ridho mengajak untuk banyak belajar dari hal-hal negatif pembangunan di Pulau Jawa. Ia mencontohkan tentang infrastruktur dan transportasi.


"Tantangan pemerintah kabupaten adalah membangun dan memperbaiki infrastruktur jalan. Namun, tantangan bagi pemerintah Kota akan lebih kompleks, mayoritas jalan kota cukup baik namun kemacetan menjadi suatu masalah yang harus diantisipasi".


Bisa ambil pelajaran dari Jawa, bagaimana Jakarta dan Bandung sudah mulai pusing mengatasi kemacetan. Kita harus bisa mengantisipasi sebelum terlambat. Oleh karna itu, di Lampung mengkonsepkan kota metropolitan," terang Ridho.


Sementara dalam sambutan Ketua APEKSI Wilayah II Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel),

Walikota Bengkulu H. Helmi Hasan SE, “membahas permasalahan mengenai isu Pemerintah Kota, agar pemerintah bisa lebih maju bersama. Selain hal tersebut, Pertemuan ini merupakan ajang saling bersaliturahmi agar terjalin kerja sama yang baik antara walikota-walikota di Sumsel.

Tujuan diselengggarakanya Apeksi ini untuk menyikapi Undang-undang Nomor ; 23 Tahun 2014” tentang Pemerintahan Daerah”. Adapun hal-hal yang akan dibahas dalam pertemuan ini adalah;

1. Membahas Isu-isu di masing-masing Kota.

2. Apeksi Peduli (hadir ditengah masyarakat, mengunjungi Pasien Kelas 3 dirumah Sakit Jendral Ahmad Yani, memberikan santunan pada Lansia dan orang tidak mampu), ujar "Helmi".

Pertemuan dihadiri Direktur Eksekutif APEKSI Pusat, Para Walikota Peserta Pertemuan Apeksi Komwill II se-Sumbagsel, Narasumber Kementerian Dalam Negeri dan BKN, Ketua DPRD Kota Metro, FKPD Kota Metro, Sekda, para Staf Ahli Walikota, Asisten serta Kepala SKPD se-Kota Metro, serta tamu undangan lainya.


Berita Terkait :


Bagikan :
share fb share g+ share twitterTv Online Streaming