Musrembang Kota Bengkulu Tahun 2016, guna penyusunan RKPD tahun 2017 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah 2016

Di buat oleh fahmi Pada Jum'at, 25 Maret 2016 11:39:10 Kategori News


PemkotBengkulu,- Rabu (23/3/16) bertempat di hotel Raflesia City Jl. Pariwisata No.1 BAPPEDA Kota Bengkulu menggelar acara Musrembang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan RKPD Kota Bengkulu Tahun 2016.

Musrembang dalam rangka untuk mendapatkan masukan, penyempurnaan Rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Bengkulu Tahun 2017 serta Penyelarasan Prioritas Sasaran dan Program Pemerintah Kota Bengkulu dengan Pemerintah Provinsi Bengkulu dan Pemerintah Pusat.

Tampak hadir pada kesempatan tersebut, Gubernur Bengkulu dalam hal ini diwakilkan oleh Asisten II Setda Provinsi Bengkulu Iskandar Zo, Walikota Bengkulu H. Helmi Hasan, SE., Unsur FKPD (Ketua DPRD, Dandim Lanal, Polres, Kejari) Kota Bengkulu, Sekda, Para Asisten serta Kepala SKPD di Lingkungan Pemerintah Daerah Kota Bengkulu.

Tampak hadir juga pada kesempatan tersebut, Para Camat se- Kota Bengkulu, Para Lurah, Unsur Akademisi, Unsur Ormas, Lsm, dll. 

Kegiatan Musrembang kali ini, mengusung tema “ Peningkatan Perekonomian Daerah, Pemantapan Kualitas Infrastruktur Dasar, Pendidikan Kesehatan dan Sumberdaya Manusia yang Berdaya Saing menuju Bengkulu yang Sejahtera dan Bermartabat.

/Kesempatan yang sama kegiatan ini diharapkan  dapat Menghasilkan ;

1.) Program/Kegiatan Prioritas yang akan didanai APBN Kota Bengkulu.

2.) Program dan Kegiatan yang akan diusulkan untuk didanai oleh APBN Provinsi dan APBN.

3.) Rancangan RKPD Kota Bengkulu dan Rancangan Renja-SKPD yang telah disempurnakan.

Kegiatan ini berlangsung selama satu hari Rabu, 23 Maret 2016. Laporan kegiatan ini disampai langsung oleh Bappeda Kota Bengkulu yang disampaikan oleh Garda Reputra.

Dalam sambutan Gubernur Bengkulu, dibacakkan oleh Asisten II Iskandar Zo, “ melalui forum ini, diharapkan dapat dihasilkan kesepakatan untuk Penajaman, Penyelarasan, Klarifikasi dan penyempurnaan terhadap rancangan RKPD, sehingga pada nantinya dapat diperoleh masukan dan Komitmen dari para Pemangku kepentingan pembangunan di Kota Bengkulu, untuk lebih siap dalam mengantisifasi tantangan dan peluang pembangunan yang akan dihadapi dimasa depan.

Harapan Gubernur, dengan Musrembang RKPD kali ini, dapat menghasilkan Dokumen Perencanaan Pembangunan Tahunan yang mampu menampung Aspirasi Masyarakat dan bersifat Komprehensif, baik dari sisi Kepentingan Nasional, maupun Daerah dalam rangka mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat Kota Bengkulu di tahun mendatang. 

/Saya harapkan Anggaran Negara harus berorientasi Manfaat untuk Rakyat dan berorientasi pada Prioritas untuk mencapai tujuan Pembangunan Nasional. Kebijakan Anggaran Belanja tidak berdasarkan “ Money Follow Function, tetapi Money Follow Priority Program. Sehingga tidak semua Tugas dan Fungsi (Fusi) harus dibiayai secara merata.

//Dana Alokasi Pembangunan di Kota Bengkulu dari Pemerintah Pusat Tahun 2016 Rp. 54.387.306.000, APBD Provinsi Bengkulu sebasar Rp. 98.037.758.000,- "ujar Iskandar".

Sementara dalam sambutan Walikota Bengkulu H. Helmi Hasan SE, sekaligus membuka secara resmi Musrembang Kota Bengkulu Tahun 2016. Walikota menyambut baik kegiatan Musrembang ini.

Dengan kegiatan ini diharapkan/diminta seluruh SKPD yang hadir, untuk dapat mengikuti acara dengan sunguh-sunguh, agar dapat berpartisipasi secara aktif sehingga Sinkronisasi dan Sinergitas Program Pembangunan  Kota Bengkulu dapat terwujud sesuai dengan kebijakan Pemkot, tidak bertentangan dengan kebijakan Pemprov serta Pemerintah Pusat. Sesuai dengan kebutuhan dan harapan masyarakat, Tepat Sasaran, Efektif dan Efisien. 

/Melalui musrembang ini, diharapkan  dukungan APBD dan Kerjasama antara Pemkot dan Pemrov Bengkulu  dalam Pembangunan Insprastuktur dan memberantas kemiskinan di Perkotaan.

Salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah Kota dalam pemberantasan Kemiskinan melalui Program Pinjaman Desa/Kelurahan Samisake yang disalurkan melalui Kerjasama Pemerintah dengan P2KP, LPM dan Koperasi.

Samisake merupakan program yang memberikan, membuka peluang usaha baru dan membuat masyarakat untuk selalu berfikir kreatip dan inovasi dalam peningkatan ekonomi keluarga.

//Masyarakat miskin, karena tidak memiliki modal, tidak mampu untuk meminjam modal yang besar dan jaminan. Dengan Refisi Perda ini, diharapkan kedepan Samisake dapat menyentuh kembali bantuan langsung rakyat dalam peningkatan ekonomi masyarakat Kota Bengkulu.

Kerjasama antara pihak legislatif dan yudikatip sangat berperan penting mensukseskan program-program Pemerintah, terkhusus Kota Bengkulu.

Keberhasilan sebuah Pembangunan bila didukung semua komponen, Bersatu bersama dalam menciptakan pembangunan Kota Bengkulu yang lebih Baik dan Bersinar.

“Terimakasih DPRD atas persamaan persepsi dalam pembangunan Kota Bengkulu” ujar Walikota.

Dipenghujung sambutan Walikota mengharapkan apa, siapapun kedepan yang menjadi Walikota Bengkulu dapat melanjutkan Pembangunan Pro Rakyat.

 “Impian saya saat ini, bagaimana bisa dibanggakan bagi Kota Bengkulu. Dengan tekad,  membangun Kota Bengkulu Baru, sebuah "Kota Mandiri" yang semua sarana dan Pasilitas Umum ada dalam satu wilayah yang akan segera kita Realisasikan di Tahun 2017.

Dengan kerja Keras, kerja Cerda, kerja Iklas, Kerja Tuntas kita Wujukan Bengkulu Lebih baik dan Bersinar.

Tanda dibukanya Musrembang tersebut dengan pemukulan dol bersama FKPD Kota Bengkulu.



Berita Terkait :


Bagikan :
share fb share g+ share twitterTv Online Streaming